HR dan Payroll Industri Jasa: Ini 10 Tantangan dan Solusinya (2024)

Industri jasa merupakan salah satu industri yang turut memajukan perekonomian di Indonesia. HR dan payroll industri jasa akan mendukung kemudahan dalam pengelolaan karyawan.

Meski demikian, masih banyak industri jasa yang mengabaikan pentingnya pengelolaan HR dan payroll ini. Padahal, tanpa adanya pengelolaan HR dan payroll ini, industri jasa dapat mengalami permasalahan yang akan mengganggu operasional perusahaan.

Nah, kira-kira apa saja nih permasalahan HR dan payroll yang sering dialami oleh industri jasa? Lalu apa saja solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Pada artikel ini GajiHub akan menjelaskan secara lengkap mengenai permasalahan dan solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan baca di bawah ini:

Contents hide

Apa Saja Tantangan HR dan Payroll Industri Jasa?

Apa Saja Solusi untuk Tantangan HR dan Payroll Industri Jasa?

Apa Saja Cangkupan dan Potensi HR dan Payroll Industri Jasa?

Apa Saja Tantangan HR dan Payroll Industri Jasa?

HR dan Payroll Industri Jasa: Ini 10 Tantangan dan Solusinya (1)

Tantangan dihadapi oleh industri jasa dalam hal HR dan payroll mencakup banyak hal. Industri jasa yang memiliki produk berupa layanan sering kali mengabaikan permasalahan pengelolaan karyawan, padahal sama seperti industri lainnya, HR dan payroll adalah bagian penting bagi industri jasa.

Berikut 10 permasalahan yang sering dialami oleh industri jasa terkait pengelolaan HR dan payroll:

1. Masalah Privasi & Keamanan

Salah satu tantangan HR dan payroll bagi perusahan jasa yang paling utama adalah kerumitan yang berkaitan dengan privasi dan keamanan manajemen SDM. Kurangnya sistem manajemen penggajian SDM yang efisien mempengaruhi kualitas ketentuan privasi dalam model operasi.

Terlebih perusahaan jasa berkaitan dengan data-data, khususnya data pelanggan yang menggunakan layanan mereka. Meski data-data pelanggan disimpan secara terpisah dengan data karyawan, namun kurangnya privasi dan keamanan data karyawan bisa berpengaruh ke data-data yang dimiliki pelanggan.

2. Masalah Manajemen Kepatuhan

Proses manajemen kepatuhan Anda sangat penting untuk tetap berada di atas semua persyaratan terkait penggajian organisasi. Tujuan utama manajemen operasi dengan proses kepatuhan penggajian adalah untuk mengembangkan platform terbaik.

Platform ini harus memainkan peran penting dalam pemeliharaan peraturan pajak dan norma-norma bisnis.

Baca Juga: Memilih Software Payroll dan HR Untuk Perusahaan Konstruksi

3. Dokumentasi Data yang Tidak Teratur

Konsep dokumentasi data harus memberikan proses SDM yang sangat mudah dengan dukungan maksimum untuk manajemen sumber daya. Ketidakteraturan dalam fungsi data atau kesalahan penggajian dapat menimbulkan masalah bagi pertumbuhan keseluruhan divisi yang ada di perusahaan.

4. Kurangnya Fleksibilitas

Pemaslaahan yang juga sering dialami oleh industri jasa adalah dalam hal fleksibilitas/ Fitur seperti fleksibilitas penting agar kebijakan penggajian dalam platform HR dapat berkembang.

Kurangnya fleksibilitas dapat menjadi penghalang bagi pengembangan proses HR secara menyeluruh. Fleksibilitas juga diperlukan untuk memahami fitur-fitur yang dipersonalisasi dari model penggajian.

5. Fitur Penggajian yang Kompleks

HR dan Payroll Industri Jasa: Ini 10 Tantangan dan Solusinya (2)

Perhatikan berbagai proses dari solusi manajemen SDM untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang perubahan yang diperlukan.

Bagian SDM Anda dapat bekerja pada tingkat optimal dengan seringnya melakukan analisis terhadap tugas-tugas penggajian yang kompleks. Mereka harus berkembang pada tingkat yang lebih sederhana untuk pertumbuhan bisnis yang diperhitungkan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Software Payroll dan HR Terbaik

6. Kurangnya Kesadaran

Kesadaran SDM di perusahaan harus tersedia untuk tunjangan dan kesejahteraan karyawan. Masalah kesadaran dapat mempengaruhi model operasi secara keseluruhan jika Anda membangun sistem SDM di sekitar platform penggajian yang belum teruji.

Pelatihan dan pengembangan karyawan secara teratur juga merupakan bagian dari segmen ini.

7. Pendidikan dan Pelatihan Karyawan

Industri jasa harusnya memiliki dukungan peningkatan keterampilan karyawan. Ini karena bisnis di industri ini sangat bergantung kepada pelayanan yang diberikan.

Meski begitu, masih banyak perusahaan di industri ini yang mengabaikan pentingnya pendidikan dan pelatihan karyawan. Pada akhirnya ini bisa menimbulkan permasalahan yakni kinerja karyawan yang menurun dan perusahaan Anda tidak bisa bersaing di industri sejenis.

8. Masih Berpegang Teguh pada Metode Tradisional

Beberapa perusahaan masih menggunakan metode tradisional dalam hal solusi pemrosesan penggajian seperti dokumentasi laporan tahunan. Hal ini dapat menyebabkan model perangkat lunak penggajian SDM secara keseluruhan runtuh.

Ada banyak kendala dan alasan bagi perusahaan untuk tetap menggunakan manajemen SDM tradisional. Namun, perusahaan dapat membayar harga untuk itu.

Baca Juga: Jenis Kolaborasi Tim HR Ini Penting Dilakukan, Apa Saja?

9. Tingginya Turnover Karyawan

Industri jasa memiliki persaingan yang cukup berat. Ini termasuk beban kerja yang dimilikinya.

Dengan tingginya persaingan dan beban kerja yang dimiliki, mengakibatkan turnover karyawan menjadi tinggi. Pada akhirnya dengan tingginya turnover ini membuat biaya yang dikeluarkan perusahaan semakin tinggi, khususnya biaya untuk rekrutmen.

10. Mengabaikan Teknologi HR dan Payroll

Permasalahan HR dan payroll di industri jasa selanjutnya adalah masih banyaknya industri jasa yang mengabaikan pentingnya penggunaan teknologi untuk HR dan payroll. Padahal penggunaan teknologi ini akan mempermudah pengelolaan karyawan.

Dengan penggunaan teknologi, perusahaan jasa bisa mendapatkan kemudahan pengelolaan karyawan. Pengelolaan karyawan juga menjadi lebih efektif dan efisien sehingga membantu pekerjaan tim HR menjadi lebih mudah.

Baca Juga: 13 Penyebab Turnover Karyawan Tinggi dan Cara Mengatasinya

Apa Saja Solusi untuk Tantangan HR dan Payroll Industri Jasa?

HR dan Payroll Industri Jasa: Ini 10 Tantangan dan Solusinya (3)

Setelah mengetahui permasalahan HR dan payroll yang dihadapi industri jasa, berikut beberapa solusi untuk menghadapi dan mengatasi permasalahan tersebut:

1. Integrasi Bisnis

Integrasi dalam proses manajemen SDM akan membantu mengembangkan kondisi yang sehat dari domain operasi. Integrasi dengan sistem kehadiran dan pelacakan karyawan akan memastikan jalur untuk menciptakan proses penggajian bulanan yang optimal. Hal ini memastikan pengiriman kesehatan mental karyawan yang tepat dan segmen asuransi terkait.

2. Portal Layanan Mandiri Karyawan

Jika karyawan potensial saat ini dapat bekerja secara efisien dalam proses atau sistem manajemen SDM, solusi SDM akan menjadi mudah. Portal layanan mandiri karyawan yang sensitif adalah solusi optimal untuk mencapai model ini.

Dengan layanan integrasi penggajian yang lebih mudah, sumber daya Anda dapat memperoleh nilai yang signifikan dari model operasi HR ini.

3. Pemrosesan Penggajian yang Akurat

Akurasi adalah salah satu faktor utama yang dapat meningkatkan seluruh model operasi Anda. Fitur penghitungan dan pemrosesan penggajian dari fungsi HR akan meningkat dengan dukungan optimal dari model operasi yang akurat. Komunikasi yang efektif di perusahaan dengan banyak karyawan menuntut akurasi sebagai salah satu fiturnya.

4. Upgrade Sistem Secara Berkala

Memastikan cakupan upgrade yang optimal pada sistem operasi adalah nilai yang relevan dalam model penggajian. Lakukan pembaruan secara berkala untuk seluruh tantangan pemrosesan penggajian. Faktor penting dalam manajemen profesional penggajian SDM mencakup peningkatan sistem operasi.

Baca Juga: Strategi Manajemen HR: Prinsip, Komponen, dan Langkahnya

5. Solusi Penggajian yang Disesuaikan

Kustomisasi tim penggajian khusus adalah wajib bagi organisasi untuk tampil dalam format yang sangat baik. Ini juga akan memastikan ketersediaan fitur yang dipersonalisasi untuk model bisnis Anda untuk membantu manajemen penggajian. Alokasi layanan penggajian internasional akan meningkatkan model bisnis.

6. Solusi untuk Masalah Penggajian Umum

Biaya dan perhitungan dapat dilakukan dengan mengintegrasikan sumber daya manusia dan solusi penggajian organisasi. Dibutuhkan upaya khusus dari perusahaan untuk menciptakan manajemen penggajian SDM yang antusias. Sistem ini harus menangani semua masalah penggajian umum, seperti pembayaran kepada karyawan secara sekaligus.

7. Perangkat Lunak Penggajian yang Dioptimalkan

Optimalisasi inti dari strategi penggajian SDM akan mengembangkan fitur domain Anda secara keseluruhan. Ini akan memungkinkan kualitas solusi dan keterampilan manajemen sumber daya manusia di organisasi Anda.

Perangkat lunak manajemen penggajian adalah salah satu model operasi bisnis tersebut. Ini mengubah proses SDM yang optimal dari platform operasi.

8. Operasi Penggajian yang Efisien

Efisiensi operasional fungsi penggajian sangat penting dalam meningkatkan produktivitas bisnis dari proses manajemen SDM. Ini akan membantu Anda meningkatkan penguasaan Anda terhadap layanan manajemen operasi secara keseluruhan. Anda dapat membuat fitur payroll yang terintegrasi untuk kemajuan bisnis.

9. Otomatisasi yang Lebih Aman dan Cerdas

Menerapkan platform otomatisasi yang aman, pintar, dan cerdas untuk meningkatkan fitur penggajian pada model bisnis. Otomatisasi atau proses HR yang sepenuhnya terdigitalisasi dapat meningkatkan kualitas model penggajian. Hal ini membantu menciptakan tempat kerja atau budaya perusahaan yang sesuai dengan tujuan lingkungan kerja yang dinamis.

10. Manajemen Penggajian yang Ramah Karyawan

Jika Anda menginginkan solusi manajemen penggajian yang tepat untuk meningkatkan operasional, pilihlah platform HR yang ramah karyawan. Distribusi dan pengalaman gaji karyawan adalah tanda solusi interpersonal dan cerdas dalam sebuah perusahaan.

Untuk mewujudkan hal ini, Anda membutuhkan solusi kemudahan pengelolaan HR dan payroll yakni dengan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. Dapatkan informasi lengkap mengenai GajiHub hanya di sini.

Baca Juga: Alternatif Software Payroll Workday untuk Bisnis di Indonesia

Apa Saja Cangkupan dan Potensi HR dan Payroll Industri Jasa?

HR dan Payroll Industri Jasa: Ini 10 Tantangan dan Solusinya (4)

Masa depan teknologi penggajian industri jasa dapat diukur dengan menggunakan solusi layanan yang digunakan oleh proses manajemen SDM organisasi. Kustomisasi dapat meningkatkan potensi proses penggajian SDM.

Berikut beberapa cangkupan dan potensi HR dan payroll untuk industri jasa:

  • Alat-alat pintar dan cerdas seperti Artificial Intelligence bekerja dengan baik dengan platform HR. Di masa depan, kualitas sumber daya ini akan membuka jalan bagi proses manajemen SDM yang menarik.
  • Solusi dan layanan pemrosesan penggajian yang ditingkatkan akan menjadi bagian dari perusahaan. Ini memberikan ruang untuk catatan manajemen operasi yang akurat.
  • Semua jenis layanan bisnis dan hukum ketenagakerjaan dapat merangkul model SDM terintegrasi ini.
  • Teknologi mutakhir dan proses inovatif akan menjadi bagian dari platform manajemen SDM secara keseluruhan. Mentransfer praktik-praktik terbaik ini untuk implementasi model operasi penggajian yang layak.
  • Tren dan teknologi yang muncul dalam domain penggajian akan meningkat dalam kualitas dan kuantitas secara bersamaan. Hal ini akan membantu perusahaan mencapai peluang bisnis untuk pertumbuhan dan kesuksesan. Fitur-fitur seperti keseimbangan kehidupan kerja yang sehat dan pengambilan keputusan berbasis data termasuk di dalamnya.
  • Masa depan perangkat lunak manajemen penggajian akan mengedepankan fitur-fitur yang terhubung dengan portal layanan mandiri karyawan. Ini akan membantu menangani evolusi cepat manajemen sumber daya terkait penggajian dan segmen kepuasan & ketidakpuasan karyawan.
  • Inovasi dan praktik terbaik di sektor operasi akan meningkatkan manajemen SDM. Untuk menghadapi tantangan penggajian karyawan, pertimbangkan semua tugas yang terkait dengan administrasi gaji dan tunjangan anggota staf.

Kabar baiknya, semua cakupan dan potensi di atas, dapat Anda temukan dalam software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Mulai dari fitur absensi, payroll, BPJS, PPh 21, akuntansi, cuti dan izin, analisis data, employee self service, reimbursem*n, kasbon, live tracking, hingga integrasi fingerprint semuanya bisa Anda temukan di GajiHub. GajiHub adalah solusi terbaik untuk pengelolaan karyawan yang lebih maju dan semakin terdepan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Perusahaan Jasa Terbaik

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tantangan dan solusi HR dan payroll industri jasa. Untuk mengatasi tantangan ini, penggunaan teknologi adalah solusi terbaiknya.

Software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub bisa Anda pilih untuk memudahkan pengelolaan HR dan payroll industri jasa. Fitur yang dimiliki GajiHub sangatlah lengkap dan semua fitur tersebut mendukung digitalisasi pengelolaan karyawan.

Jadi tunggu apa lagi, segera daftar GajiHub di tautan ini dan nikmati uji coba gratis selama 14 hari.

HR dan Payroll Industri Jasa: Ini 10 Tantangan dan Solusinya (2024)
Top Articles
Michigan prisoners received $22.6M in stimulus checks; state clawed back $6.1M
Michigan Corrections Department downplays its own report on needed prison repairs
Spasa Parish
Rentals for rent in Maastricht
159R Bus Schedule Pdf
Sallisaw Bin Store
Black Adam Showtimes Near Maya Cinemas Delano
Espn Transfer Portal Basketball
Pollen Levels Richmond
11 Best Sites Like The Chive For Funny Pictures and Memes
Finger Lakes 1 Police Beat
Craigslist Pets Huntsville Alabama
Paulette Goddard | American Actress, Modern Times, Charlie Chaplin
Red Dead Redemption 2 Legendary Fish Locations Guide (“A Fisher of Fish”)
What's the Difference Between Halal and Haram Meat & Food?
R/Skinwalker
Rugged Gentleman Barber Shop Martinsburg Wv
Jennifer Lenzini Leaving Ktiv
Justified - Streams, Episodenguide und News zur Serie
Epay. Medstarhealth.org
Olde Kegg Bar & Grill Portage Menu
Cubilabras
Half Inning In Which The Home Team Bats Crossword
Amazing Lash Bay Colony
Juego Friv Poki
Dirt Devil Ud70181 Parts Diagram
Truist Bank Open Saturday
Water Leaks in Your Car When It Rains? Common Causes & Fixes
What’s Closing at Disney World? A Complete Guide
New from Simply So Good - Cherry Apricot Slab Pie
Drys Pharmacy
Ohio State Football Wiki
Find Words Containing Specific Letters | WordFinder®
FirstLight Power to Acquire Leading Canadian Renewable Operator and Developer Hydromega Services Inc. - FirstLight
Webmail.unt.edu
2024-25 ITH Season Preview: USC Trojans
Metro By T Mobile Sign In
Restored Republic December 1 2022
12 30 Pacific Time
Jami Lafay Gofundme
Greenbrier Bunker Tour Coupon
No Compromise in Maneuverability and Effectiveness
Crystal Westbrooks Nipple
Ice Hockey Dboard
Über 60 Prozent Rabatt auf E-Bikes: Aldi reduziert sämtliche Pedelecs stark im Preis - nur noch für kurze Zeit
Wie blocke ich einen Bot aus Boardman/USA - sellerforum.de
Infinity Pool Showtimes Near Maya Cinemas Bakersfield
Dermpathdiagnostics Com Pay Invoice
How To Use Price Chopper Points At Quiktrip
Maria Butina Bikini
Busted Newspaper Zapata Tx
Latest Posts
Article information

Author: Ray Christiansen

Last Updated:

Views: 6040

Rating: 4.9 / 5 (69 voted)

Reviews: 92% of readers found this page helpful

Author information

Name: Ray Christiansen

Birthday: 1998-05-04

Address: Apt. 814 34339 Sauer Islands, Hirtheville, GA 02446-8771

Phone: +337636892828

Job: Lead Hospitality Designer

Hobby: Urban exploration, Tai chi, Lockpicking, Fashion, Gunsmithing, Pottery, Geocaching

Introduction: My name is Ray Christiansen, I am a fair, good, cute, gentle, vast, glamorous, excited person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.